//Visualisasi Data APBD

Visualisasi Data APBD

Visualisasi Data APBD merupakan aplikasi berbasis web dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (Kementerian Keuangan Republik Indonesia) untuk menampilkan data APBD Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia yang ditampilkan dalam bentuk visual grafik dan table. Visualisasi Data APBD ini bersifat terbuka untuk publik dengan menu interaktif dan user-friendly. Situs ini bisa diakses di alamat http://www.djpk.kemenkeu.go.id/visual.

Visualisasi data APBD dalam bentuk grafik menyajikan data pendapatan, belanja atau pembiayaan secara agregat nasional, se-provinsi dan per pemda. Untuk melihat postur APBD dapat melihat menu tabel.
Visualisasi Data APBD merupakan salah bentuk penyajian data Informasi Keuangan Daerah terutama APBD sesuai dengan amanah UU 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah dan PP 56/2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah.

Proses publikasi visualisasi data telah melalui beberapa proses mulai dari pengumpulan data APBD, verifikasi data, rekonsilisasi data dan akhirnya data ringkasan APBD dipublikasi pada website resmi DJPK (http://www.djpk.kemenkeu.go.id).
Data APBD series anggaran dan realisasi yang tersedia sejak tahun 2010 hingga tahun terakhir. Data yang ditampilkan berasal dari Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia. Data yang telah dipublikasi diolah menjadi tampilan data dalam bentuk visual untuk memudahkan pengguna untuk melihat dan menganalisis data.