//Menggali Info Proses Keuangan dan Aset di Pemko. Tangerang Selatan

Menggali Info Proses Keuangan dan Aset di Pemko. Tangerang Selatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan keuangan dan aset untuk Pemerintah Kota (Pemko) Dumai serta persiapan pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020, BPKAD Kota Dumai melakukan kunjungan ke Pemko. Tangerang Selatan pada Jum’at, 28 Juni 2019.

Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala BPKAD Kota Dumai, Yufrizal, SH, M.Si. ke BPKAD Kota Tangerang Selatan, di komplek Kantor Walikota Tangerang Selatan, Jl. Maruga Raya, diterima oleh Kepala Bidang Aset BPKAD Kota Tangerang Selatan, Billy Suharyana.

Dalam pemaparan, Billy Suharyana menjelaskan bahwa Kota Tangerang Selatan yang hanya seluas 164,85 km2 merupakan kota jasa dengan APBD di Tahun 2019 sekitar Rp. 3,8 triliun dan target pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp. 1,6 triliun. Proses keuangan dan aset di Pemko. Tangerang Selatan sudah berbasis elektronis dan terintegrasi, bahkan sudah terintegrasi dengan proses perencanaan. Perencanaan dan keuangan menerapkan aplikasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yaitu Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL), sedang pengelolaan aset menggunakan Sistem Aplikasi Penatausahaan Barang Milik daerah (SIAP BMD) dari Kementerian Dalam Negeri.
Lebih lanjut dijelaskan juga bahwa SIMRAL memiliki fitur yang dapat menampung berbagai pokok pikiran para anggota dewan yang dapat diakses secara online dimana berbagai pokok pikiran tersebut nantinya akan diteruskan ke proses perencanaan dan penganggaran. Sedang proses pencatatan aset sudah dimulai bersamaan proses pencairan dananya, sehingga akan memudahkan dalam proses perhitungan aset dan pelaporan akuntansi.